Jumat, 16 Agustus 2013

Perjalanan Alam Taman Nasional Baluran

Sabtu , 3 Agustus 2013 Tepat di malam minggu itu perjalanan dimulai . Persiapan barang & stock cemilan telah siap untuk selama perjalanan , dan tepat pada pukul 10 malam kita berangkat dengan diawali dengan doa . perjalanan pertama kita adalah ujung pas pulau jawa yaitu "Taman Nasional Baluran" , Dengan kendaraan yang cukup memungkinkan untuk menerobos hutan kita mulai perjalanan itu . Tujuan utama kita adalah kota surabaya pas pada saat lebaran , tetapi kita menggambil jarak panjang untuk tetap bisa melakukan perjalanan . Saat perjalanan dimulai kita kurang dikawal oleh info-info lalu lintas yang memang benar-benar kita belom mendapat info dari manapun , Tetapi kita tetap terus melewati perjalanan TOL Cikampek . Alhasil simpang jomin menjadi pembuang waktu di perjalanan kali ini , cukup lama kita berhenti di simpang jomin mulai hari masih gelap tepat jam 11 malam sampai munculnya sang matahari jam 9 pagi . Setelah semalaman menerjang yang namanya simpang jomin perjalanan kita terus lanjuti sampai di titik tujuan kita yaitu "Taman Nasional Baluran" tetapi kita sempat berhenti untuk melihat tanggul porong sidoardjo yang memang menjadi objek wisata yang dikelola oleh warga sekitar termasuk warga yang rumahnya terendam lumpur lapindo , walaupun semalam lagi kita buang untuk menembus perjalanan sampai juga kita akhirnya . Sesampai di lokasi memang kita langsung melapor ke gedung informasi untuk mengkonfirmasi data kita apakah sudah ada untuk jaga-jaga walaupun memang sudah ada , setelah melapor kita langsung membelah hutan taman nasional baliuran menggunakan mobil Toyota Inovva sampai dengan pos 1 di lokasi itu terdapat pos penjagaan dan vila di tengah hutan selama perjalanan membelah hutan memang suasan hutannya memang masih benar-benar terjaga . Sesampai disitu memang belum sampai karena memang tujuan kita ke vila selanjutnya yang berada di tepi pantai taman nasional baluran , setelah kembali melewati hutan lebat sampai juga kita di lokasi yang kita tuju . Semua perlengkapan diturunkan dari mobil & langsung diangkut ke dalam villa , lokasi ini memang spot yang kita pilih untuk bermalam sehari di taman nasional baluran ini . Vila yang disediakan memang cukup baik tetapi memang dengan fasilitas standart untuk anak-anak pencinta alam , dengan pelayanan listrik dari jam 6 sore sampai dengan jam 11 malam untuk menambah menyala sampai pagi bisa kena biyaya tambahan . Setelah beristirahat sebentar perjalanan kita belum selesai , tepat sore hari kita langsung menuju spot ke "Savana Baluran" lokasi ini adalah lokasi padang savana di taman nasional baluran yang memang benar-benar mirip dengan afrika . Menuju spot tersebut kita tempuh dengan motor trail yang memang kita sewa + pengendara , di spot tersebut kita mengambil lokasi untuk foto project . Di lokasi tersebut juga anda bisa menemukan rusa , banteng , kerbau liar dll masih banyak lagi , setelah kita merasa cukup stock fotonya kita langsung menuju pos 1 untuk naik ke menara pemantauan untum melihat sebagian sisi taman nasional baluran & tidak lupa kamera disitu tetap bermain . Setelah sekitar 20 menit kita kembali turun dan melanjutkan perjalanan ke tengah hutan untuk mencari burung merak untuk project , dikarenakan dihutan kita tidak dapat kita kembali ke vila tetapi dikarenakan kebruntungan kita bertemu 1 burunh merak liar di padang savana dan tidak luput juga dari kamera kita . Setelah merasa cukup informasi & project foto kita kembali ke vila dan beristirahat & bermalam semalam , tepat jam 3 pagi kita sahur dengan stock indomie yang telah kami stock untuk perlengkapan makanan kita . Pagi kita menyambut pagi dengan matahari terbit di depan vila dan kembali melanjutkan perjalanan ke kota tujuan selanjutnya yaitu kota malang , Tunggu ceritanya di cerita selanjutnya...